5 Hal yang Bisa Anda Lakukan Sebelum Berangkat Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 03 Juli 2022, 06:07:35

Untuk seorang muslim, menunaikan ibadah umrah adalah harapan yang selalu ada dalam benak. Mengingat sekarang ini untuk melaksanakan ibadah haji membutuhkan biaya yang tinggi dan waktu menunggu yang semakin panjang, umrah menjadi alternatif bagi mereka yang sudah merindukan ingin pergi ke tanah suci.

Tapi, keinginan saja tidak akan terwujud jika Anda tidak memulai menyiapkan diri untuk pergi umrah. Utamanya terkait keuangan. Jika tidak ada goal yang jelas kapan Anda akan berangkat ibadah umroh, Anda tidak akan pernah menyiapkan dana khusus untuk umrah. Lalu, bagaimana cara cepat berangkat ibadah umrah jika impian Anda sudah sangat kuat? Jangan khawatir, kami akan memberikan triknya buat Anda. Selamat menyimak!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Berniat Kuat-kuat

Jika Anda ingin segera menjalankan umrah, pasanglah niat kuat-kuat agar Anda bisa cepat berangkat ke Baitullah. Banyak orang muslim yang secara finansial cukup mampu melaksanakan umrah, namun mereka tidak berniat untuk ibadah, lho!

Entah karena dari sisi spiritualnya kurang mendapat input tentang urgensi ibadah umrah, atau memang mereka menjatuhkan pilihan untuk memprioritaskan hal-hal yang bersifat duniawi misalnya membeli rumah, mobil, baju, perabotan, menjalankan hobi, liburan dan seterusnya.

Oleh karena itu, Anda termasuk golongan orang yang beruntung saat Anda punya niatan untuk umrah. Bahkan, Anda tidak memiliki tabungan berlebih untuk umrah, tapi karena kekuatan niat, bukan tidak mungkin Anda bisa berangkat ibadah umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak berniat umrah. Jadi, niat yang kuat adalah modal agar Anda dapat menemukan solusi untuk mewujudkan impian Anda berangkat umroh dengan cepat. Yakinlah sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk ibadah umrah, atas izin Allah.

2)  Cari Tahu Selengkapnya Tentang Umrah

Langkah kedua yang bisa Anda tempuh untuk bisa cepat berangkat umroh adalah dengan mencari tahu tentang apa itu umrah. Mulai dari rukun, doa-doanya, persiapannya, manasiknya, dan semua hal terkait dengan umrah. Lalu, yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus mempelajari tentang biro travel umrah yang amanah untuk memberangkatkan Anda ke tanah suci. Anda dapat mencarinya sendiri lewat online, menimbangnya dengan beberapa biro travel umrah lain, atau bisa juga meminta pertimbangan keluarga dan relasi yang sebelumnya pernah melaksanakan umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat menggali informasi terkait umrah dengan cara bertukar pendapat dengan relasi, keluarga atau konsultasi dengan para ustad yang Anda percaya. Semakin Anda mencari tahu tentang umrah, maka Anda telah memancarkan sinyal yang kuat ke semesta bahwa Anda siap diundang ke Baitullah dari Allah SWT. Ini juga proses agar dapat cepat sampai tujuan lho!

3) Menyiapkan Dana Tabungan Khusus Umrah

Untuk Anda yang belum menyiapkan dana lebih untuk langsung berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa mulai menabung untuk dana umrah sekarang juga. Yang perlu Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan berusaha untuk teratur menabung. Tentukan waktu keberangkatan umrah Anda. Anda harus menentukan target kapan waktu Anda akan berangkat ibadah umrah, agar ada semangat untuk merealisasikan target tersebut.

Misalnya, Anda berkeinginan untuk berangkat ibadah umrah 3 tahun yang akan datang. Biaya umrah dan lain-lainnya lebih kurang 30-35 juta rupiah. Maka, dengan penghasilan misalnya 3 juta per bulan, Anda harus bisa mengalokasikan sekitar 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat umroh. Dalam waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki tabungan sejumlah 36 juta rupiah. Realistis, bukan? Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi finansial Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa memanfaatkan dana talangan umrah dari pihak bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Mohon Restu dari Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang bisa Anda terapkan sebagai jalan pintas melaksanakan umrah. Sudah sering yang membuktikan cara ini, dengan ridho dari orangtua atau mertua, niat untuk berangkat umroh akan lebih segera terealisasi. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah juga terletak pada ridho orangtua?

Ungkapkan dengan sungguh-sungguh kalau Anda ingin melaksanakan ibadah umrah, bahagiakan kedua orang tua Anda, buat hati mereka bahagia dan mereka pun akan dengan ikhlas mendoakan Anda agar bisa melaksanakan ibadah umrah.

5) Memilih Paket Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara berumroh hemat di zaman sekarang ini bermacam-macam. Ada yang memilih jalan umrah backpacker, ada pula yang memilih membeli paket umrah di waktu off peak season supaya mendapat diskon yang lumayan. Selain itu, booking paket umrah secara kolektif juga dapat dijajal untuk memperoleh diskon dari biro umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih hemat biaya tanpa mengurangi kualitas layanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id